Contoh Intisari Buku Non Fiksi

Ok, kemarin saya ada tugas dari sekolah. membuat intisari bukun non fiksi. Kali ini saya berbaik hati share ke blog saya. tapi ingat SELALU CANTUMKAN SUMBER saat menyalin (copy-paste) suatu artikel. ok.ok


Judul                     :  Pengendalian Erosi Tanah
Pengarang          : Dr. Ir. Supli Effendi Rahim
Tebal                     : xvii + 148 halaman
Tahun                   : Cetakan Pertama, Agustus 2000
                                  Cetakan Kedua, September 2003
Penerbit              : PT. Bumi Aksara
Jenis Buku           : Lingkungan Hidup

                Buku ‘Pengendalian Erosi Tanah’ ini terdiri dari dua belas bagian, yakni pengendalian erosi tanah dalam rangka pelestarian hidup; penyebaran dan keragaman erosi tanah; masalah erosi tanah dalam lahan kritis; erosi tanah dan fenomenanya; limpasan permukaan; pendugaan erosi dan penggunaannya; pencegahan dan penanggulangan erosi tanah pada tingkat makro; pencegahan dan penanggulangan erosi pada tingkat mikro; tindakan konservasi tanah; permasalahan dalam penerapan tindakan dan kebijakan konservasi tanah; penelitian erosi dan konservasi tanah; dan kesimpulan.
                Pembangunan nasional sejak dasawarsa 80-an telah diarahkan untuk menganut konsep pembangunan berkelanjutan itu sendiri sesungguhnya adalah upaya untuk mencapai keberlanjutan dalam 4 hal. Keberlanjutan ekologis yang merupakan keberlanjutan yang utama dan pertama, diikuti oleh keberlanjutan ekonomis, sosial budaya dan politik hankam. Upaya mencapai sasaran pembangunan itu tentu harus melewati jalan berliku dan panjang. Kebijakan dalam bentuk hal haruslah ditempuh. Ada tiga hal yang harus dijadikan tumpuan dalam menjalankan roda pembangunan itu. Pertama sumber daya alami, kedua kualitas lingkungan, dan ketiga faktor kependudukan.
                Siapa pun pasti berhubungan dengan tanah. Tanah merupakan tempat mendirikan bangunan, tempat hidup tumbuhan dan hewan, tempat dikuburkannya manusia bila meninggal, dan tempat berusaha pada umumnya. Jadi, tanah dengan manusia sangat erat ketertarikan. Eratnyanya hubungan tanah dengan kehidupan manusia dibuktikan dengan terekomentasinya dalam kitab suci bahwa manusia diciptakan dari tanah. Karena ia diciptakan dari tanah maka tidak mengherankan mengapa manusia tak bisa hidup tanpa tanah. Maka dari itu tanah patut dijaga agar tidak sampai terkena erosi.
                Masalah Erosi di Indonesia, dalam hal ini erosi akibat campur tangan manusia , sebenarnya telah berlangsung sejak lama. Barangkali bersamaan dengan pembukaan lahan untuk usaha pertanian oleh nenek moyang bangsa ini ribuan tahun yang lalu. Namun demikian, kepedulian manusia terhadap proses ini memang terbilang baru.
                Erosi didefinisikan sebagai suatu peristiwa hilang atau terkikisnya tanah atau sebagian dari suatu tempat yang terangkut dari suatu tempat ke tempat lain, baik disebabkan oleh pergerakan air, angin, atau es. Pengikisan tanah di sini pada hakekatnya tidak termasuk erosi internal (ke dalam penampang tanah) tetapi hanya pengikisan suatu tanah ke tempat lain (eksternal). Di daerah tropis seperti Indonesia, erosi terutama disebabkan oleh air hujan. Ada juga erosi terjadi disebabkan oleh angin atau es, tetapi pada buku ini lebih ditekankan kepada erosi oleh air hujan.
                Salah satu penyebab erosi karena adanya faktor limpasan permukaan. Limpasan permukaan merupakan sebagian dari air hujan yang mengalir di atas permukaan tanah. Jumlah air yang menjadi limpasan ini sangat bergantung pada jumlah air hujan persatuan waktu (intensitas), keadaan penutup tanah, topografi terutama kemiringan lereng), jenis tanah, dan ada atau tidaknya hujan yang terjadi sebelumnya (kadar air tanah sebelum terjadinya hujan).
                Ada dua tujuan utama mengapa perlu dilakukan pendugaan erosi. Pertama, untuk meramalkan besar erosi yang telah, sedang atau akan terjadi pada suatu lahan dengan atau tanpa pengelolahan tertentu. Kedua, untuk memilih praktek penggunaan lahan dalam arti ;uas yang mempunyai produktivitas tinggi dan berkelanjutan. Pendugaan erosi dapat dilakukan di laboratorium atau di lapangan.
                Konservasi tanah ditujukan untuk memperoleh produksi maksimum suatu lahan secara berkelanjutan, sementara mengupayakan agar laju erosi tanah lebih kecil atau paling tidak sama dengan laju pembentukan tanah di lahan (daerah) itu. Ini berarti bahwa diperlukan langkah-langkah atau upaya-upaya yang diperlukan untuk mengatur penggunaan lahan.
                Laju erosi maksimum yang dapat dibiarkan disebut dengan laju kehilangan tanah toleransi. Berapa besarnya laju erosi yang bisa dibiarkan untuk suatu daerah sesungguhnya tidaklah mudah. Sebab penentuannya haruslah didasarkan kepada beberapa besarnya laju pembentukan tanah di kawasan itu. Laju pembentukan tanah merupakan patokan yang digunakan untuk mementukan beberapa besarnya laju erosi yang dapat dibiarkan di suatu daerah. Laju pembentukan tanah di seluruh dunia berkisar antara 0,01 hingga 7,7mm/tahun
                Untuk menghindari terjadinya erosi diperlukan strategi-strategi yang ampuh untuk mensiasati hal ini. Di dalam buku ini menjelaskan bahwa strategi-strategi penanggulangan erosi untuk masing-masing penggunaan lahan digunakan sedikitnya dua dari tiga tindakan,  meliputi tindakan agronomis, tindakan pengelolahan tanah, dan tindakan mekanis.
                Secara umum telah dapat dipahami bahwa masih banyak yang harus dipelajari tidak saja tentang proses erosi tanah itu sendiri, juga tentang metode-metode konservasinya. Namun, tantanga yang lebih besar lagi ternyata berupa kendala-kendala nonteknis. Metode-metode konservasi tanah secara praktikal telah berkembang mengikuti perkembangan zaman. Pada awal abad ke-20, penekanan masih kepada cara konservasi yang dikembangkan oleh Amerika Serikat yakni melalui manipulasi lahan untuk mengendalikan limpasan dengan penggunaan terasering.
                Informasi tentang perilaku erosi dan strategi untuk pengendaliannya yang “terbaik” sangat diperlukan. Tambahan lagi bahwa walaupun telaj tersedia teknologi yang handal dalam bidang konservasi tanah, namun karena kebanyakan dikembangkan di luar negeri, penerapannya tidak dapat langsung dilaksanakan begitu saja. Untuk itu perlu uji coba bahkan bila perlu dicarikan alternatif yang terbaik
                Upaya pelestarian Lingkungan Hidup secara fungisional salah satunya dilakukan melalui pengendalian erosi tanah setiap tipe penggunaan lahan. Ini merupakan isyarat bahwa konsepsi modern, padasatu sisi lahan dapat digunakan sesuai daya dukungnya, pada sisi lain diupayakan agar laju kerusakannya rendah.
                Keunggulan dari buku ini ialah mengupas secara tuntas cara penanggulangan erosi, baik terjadi karena faktor alam atau karena adanya faktor lain yang menyebabkan terjadinya erosi. Namun di sisi lain, buku ini juga mempunyai kekurangan yakni menggunakan bahasa yang bertele-tele dan sulit dimengerti.
                Buku ini layak dibaca bagi semua kalangan, baik dari kalangan remaja hingga kalangan dewasa. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para pecinta alam untuk mengurangi laju erosi tanah.
Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates