Metode membaca cepat memberi banyak keuntungan bagi setiap orang. Dengan membaca cepat kita bisa mengetahui seluruh isi buku dalam waktu yang singkat. Hal ini sangat menguntungkan bagi kita yang memerlukan banyak informasi, namun tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca.
Untuk bisa membaca cepat, ada teknik-teknik khusus yang harus dikuasai. Memang tidak semua orang akan langsung mahir untuk membaca cepat. Keterampilan ini membutuhkan latihan yang mungkin bisa sampai berulang-ulang agar seseorang dapat menguasai teknik-teknik yang tepat dalam membaca cepat. Latihan-latihan ini dipandang penting untuk dilakukan karena biasanya seseorang yang baru pertama kali belajar membaca cepat akan menemui beberapa masalah yang bisa menjadi penghambat dalam membaca cepat.
Kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki seseorang dalam membaca pun secara tidak sadar bisa menjadi penghambat untuk bisa membaca dengan cepat. Kebiasaan-kebiasaan yang biasanya sudah dimiliki selama bertahun-tahun ini di antaranya:
1.    vokalisasi atau bergumam ketika membaca;
2.    membaca dengan menggerakkan bibir namun tidak bersuara (komat-kamit);
3.    kepala yang bergerak searah dengan arah tulisan yang dibaca;
4.    jari-jari tangan yang selalu menunjuk tulisan yang dibaca;
5.    gerakan mata yang selalu kembali ke kata-kata sebelumnya atau mengulang membaca kalimat dari depan;
6.    membaca di dalam hati; dan 7. membaca di tempat gelap.

        Kebiasaan-kebiasaan ini menjadi penghambat karena kecepatan membaca, melakukan gerakan, dan bersuara tidaklah sama. Melakukan suatu gerakan maupun bersuara pada waktu membaca membutuhkan waktu yang lebih banyak daripada membaca tulisan. Demikian pula dengan membaca dalam hati. Dengan membaca dalam hati, kita cenderung memerhatikan pelafalan, bukan makna yang terkandung dalam bacaan tersebut.
Untuk mengatasi masalah-masalah ini, usahakan untuk mencegah bibir, jari-jari tangan, dan kepala untuk bergerak pada saat membaca. Cara pencegahannya bisa dengan mengatupkan bibir, memasukkan tangan ke dalam saku atau memegangi kepala pada waktu membaca. Sedangkan untuk menghindari supaya tidak bersuara pada waktu membaca adalah dengan merasakan getaran suara di leher. Dengan meletakkan tangan di leher, akan diketahui apakah kita bersuara atau tidak. Membaca dalam hati memang tidak bisa dicegah, tetapi usahakan supaya tidak memerhatikan pelafalannya.
Selain masalah-masalah yang tersebut di atas, ada beberapa masalah lain yang berkaitan dengan materi bacaan yang kita baca, misalnya:
1.    kepadatan dan beragamnya informasi yang disajikan oleh bacaan, misalnya seperti yang terdapat pada koran dan majalah;
2.    bentuk kalimat yang formal, kaku, dan bahasa yang susah dipahami serta berbelit-belit, misalnya seperti dalam korespondensi, perundang-undangan;
3.    baik buruknya tulisan, jika ditulis tangan;
4.    format, susunan kalimat yang tidak baik dan jumlah halaman yang banyak, misalnya seperti dalam laporan-laporan;
5.    faktor teknis, jika dalam e-mail dan teleteks;
6.    terlalu panjang dan detail, misalnya dalam perincian dan laporan keuangan yang sebagian besar berupa angka.
Meskipun ada banyak masalah yang bisa menjadi penghambat dalam belajar membaca cepat, tidak berarti tidak ada jalan keluarnya. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah-masalah dalam membaca cepat.

1.    Miliki kosakata yang luas
    Jika saat ini Anda masih memiliki kosakata yang terbatas, ada cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengatasinya, yaitu dengan menyiapkan catatan kata-kata baru yang belum Anda ketahui. Setelah itu, carilah artinya di dalam kamus. Perbendaharaan kata yang banyak sangat membantu dalam memahami suatu bacaan.
2.    Sikap tubuh
     Membaca cepat memang memerlukan konsentrasi yang tinggi. Tidak jarang pembaca justru berada dalam posisi tegang. Kondisi yang seperti ini justru menjadi penghambat. Untuk itu, ambilah posisi santai saat membaca.
3.    Membaca sepintas lalu
     Dengan membaca sepintas lalu, Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi.
4.    Konsentrasi
     Konsentrasi yang penuh menghindarkan Anda dari melamun atau pikiran yang melayang-layang. Kesulitan dalam berkonsentrasi menunjukkan kecepatan membaca yang rendah. Untuk itu, usahakan agar selalu berkonsentrasi ketika membaca cepat.
5.    Retensi/mengingat kembali informasi dari bacaaan
     Mengingat kembali informasi yang baru saja Anda baca bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan, diskusi, maupun menulis kembali informasi yang sudah diterima.
6.    Tujuan dari membaca itu sendiri
     Dengan menentukan tujuan dari membaca, Anda akan mengetahui apakah bacaan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau seperti yang Anda inginkan 
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa membaca cepat sangat efektif dilakukan. Dengan membaca cepat kita bisa mengetahui seluruh isi buku tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk bisa membaca seluruh isi buku. Kendala dalam membaca cepat sangat mungkin terjadi sehingga kita memerlukan waktu dan latihan-latihan supaya kita bisa menguasai teknik membaca cepat. Selain itu konsentrasi, motivasi dan tujuan membaca sangat mendukung untuk bisa mahir dalam membaca cepat.

Bacalah bacaan berikut!!


TERBANG SOLO BERKURSI RODA



            Menjadi seorang pilot harus memiliki fisik dan kesehatan prima. Akan tetapi kalau cacat atau kemudian mengalami kecatatan, apa masih bias menerbangkan pesawat terbang ? Tentu, asal punya tekad dan semangat baja. Contohnya Antonio de Sousa Faria e Mello.
Siapakah dia? Antonio ialah pilot pertama dan satu-satunyapilot dari Portugal yang memakai kursi roda. Di duniaada sekitar 80 orang pilot berkursi roda, 75 persen penerbang kewarganegaraan AS. Mereka, termasuk Antonio, terbang dalam IWA (International Wheelchair Aviators) yang berpusat di AS.
Antonio pantas diacungi jempol. Cacat kaki akibat operasi penyakit kanker malah membulatkan tekadnya untuk terbang keliling dunia. “Saya ingin memecahkan rekor dan masuk Guinnees Book of Record”ujarya, usai mendarat mulus di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, pukul 16.40, 17 Agustus 1995. Jika berhasil, ia menjadi pilot cacat pertama yang terbang solo keliling dunia dengan pesawat kecil Beechrft Bonanza F. 33A.
Memang tidak sejak lahir Antonio mengalami cacat kaki. Awalnya, lelaki Portugal kelahiran 4 Mei 1942 ini berprofesi sebagai perwira penerbangan di angkatan Portugal. Pesawat pertama yang diterbangkannya Chimpunk dan T-6 Harvard. “Sebalum kaki saya dioperasi, saya juga menerbangkan Fokker Friendship dan boieng 737sebagai penerbangan sipil,” certitanya usai dijamu restoran Beverly Hill 90210, yang juga dihadiri Lopez de Cruz.

Banyak juga jenis pesawat yang pernah diterbangkannya, antara lain Beechcraft, Dakota, Expeditor, dan Dornier. “ Saya telah mengantongi kurang lebih 5.000 jam terbang,” aku Antonio. Musibah pun dating. Tahun 1977 ia mulai memakai kursi roda.
Selama tujuh tahun, Ia pernah bekerja di Mozambique Airlines. Duda dengan  empat anak ini menjadi instruktur untuk jenis pesawat f-27 Friendship dan B737 di salah satu negara Afrika. Tahun 1984, Antonio kembali ke Portugal dan sampai sekarang bekerja di CAA (Civil Aviation Authority) di bagian keselamatan penerbangan dan investigasi kecelakaan.
Jakarta memang menjadi salah satu tujuan penerbangan keliling dunia Antonio. Namun, hanya kebetulan saja ia tiba pas di hari peringatan 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Kedatangannya disambut para remaja perserta Kirab Re,aja dari Portugal. Kedatangannya merupakan wujud jalinan kerjasama antara PPIP (Perhimpunan Persahabatan Indonesia Portugal) dan PIFA atau AAPI (Portugal Indonesia  Friendship Asso ciation).
“Ada kerusakan pesawat saat mendarat di Singapura sehingga saya harus memperbaikinya dan selesai dalam seminggu. Dari Singapura, saya terbang langsung ke Jakarta selama empat jam,” ungkap Antonio.
Terbang solo keliling dunia itu dimulai 15 juli dari Evora (Portugal). Selama sebulan  pesawat Beechraft Bonanza buatan tahun 1970itu sudah melewati Sal (Cape Green), Bisaau (Guinea), Freetown (Siera leon), Abidjan (Pantai Gading), Libreville (Gabon), Windhoek (Namibia), Cape Town (Afrika Selatan), Maputo (Mozambik), Seychelles Colombo (Srilangka) dan Singapura. Sampai di Jakarta, Antinio telah terbang 92 jam menempuh jarak 12.780 nautical miles (mil laut). Seanjutnya ia menuju Darwin (Australia) melintasi Samudra Pasifik, Kanada, dan diperkirakan pada pertengahan September tiba kembali di Libson (Portugal)
“Setelah memakai kursi roda, saya mulai terbang lagi taHUN 1989.”ujarnya. Setiap bulan ia terbang rata-rata 10 jam dengan pesawat Beechraft Bonanza yang telah dimodifikasinya itu.
Pesawat buatan AS itu,  menurut Antonio, begitu andal. Apalagi setelah mesinnya di temanufaktur dan menggunakan Proveller baru. Avionik-nya pun lahir dengan aslinya (lebih komplet) dan seluruh pengendalian pesawat dialihkan ke tangan. dengan pesawatnya itu, pada tahun 1992 ia berhasil terbang solo melintasi Atlantik Utara. Setahun kemudian, melintasi Atlantik Selatan. Pesawatnya memang tidak bias terbang melebihi 100 FL (flight level atau 10.000 kaki), namun dapat terbang nonstop12 jam menggunakan sekitar220 gallon avgas 100 LL.       

          Setelah membaca, silahkan Anda jawab sepuluh pertanyaan . Kemudian, untuk mengetahui tingkat penguasaan isi bacaan, hitunglah dengan menggunakan rumus :

Jumlah jawaban benar    X    100%



Jumlah Soal

Berikut beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat penguasaan isi bacaan….  Kemudian jawablah !!

a.     Siapa nama pilot yang diceritakan dalam bacaan ?
b.    Apa yang menyebabkankaki pilot itu cacat ?
c.     Dari negara mana pilot itu berasal ?
d.    Apa jenis pesawat yang diterbangkan saat kelilling dunia?
e.     Dalam rangka apa dia berkunjung di Indonesia ?
f.      Sejak kapan ia mulai terbang solo keliling dunia ?
g.     Sudah berapa banyak jam terbang yang ia kantongi ?
h.    Apa jenis pesawat pertama yang diterbangkannya sebelum kakinya cacat ?
i.       Setelah dari Jakarta, kemana lagipilot itu melanjutkan penerbangannya ?
j.       Apa keinginan yang hendak diraih pilot itu dalam melakukan penerbangan keliling dunia ?

Setelah menjawab pertanyaan diatas.. Cocokkanlah jawaban Anda dengan jawaban di bawah ini !!

a.     Antonio de Sousa Faria e Mello
b.    Akibat operasi kanker yang pernah ia jalani
c.     dari Portugal
d.    pesawat Beechraft Bonanza F. 33A.
e.     merupakan wujud jalinan kerja sama antara PPIP (Perhimpunan Persahabatan Indonesia Portugal) dan PIFA atau AAPI (Portugal Indonesia  Friendship Asso ciation jugasekaligus penerbangan solonya keliling dunia dan kebetulan bertepatan dengan hari peringatan 50 tahun kemerdekaan Indonesia
f.      15 Juli
g.     Kurang lebih 5000 jam terbang
h.    Chimpunk & T6 Harvard
i.       Australia
j.       Memecahkan rekor dunia