Makna komunikasi dalam kehidupan

        Manusia dalam kehidupannya tidak akan pernah lepas dari komunikasi. Seperti juga pernafasan, komunikasi sering dianggap sebagai suatu kejadian otomatis dan terjadi begitu saja, sehingga seringkali kita tidak memiliki kesadaran untuk melakukannya secara efektif. Aktivitas komunikasi adalah aktivitas rutin serta otomatis dilakukan, sehingga kita tidak pernah mempelajarinya secara khusus, seperti bagaimana menulis ataupun membaca secara cepat dan efektif ataupun berbicara secara efektif serta menjadi pendengar yang baik. Komunikasi merupakan keterampilan yang penting dalam hidup manusia. Unsur yang paling penting dalam berkomunikasi adalah bukan sekedar apa yang kita tulis atau yang kita katakan, tetapi karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Penerima pesan tidak hanya sekedar mendengar kalimat yang disampaikan tetapi juga membaca dan menilai sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi yang efektif adalah karakter kokoh yang dibangun dari fondasi etika serta integritas pribadi yang kuat.


Dalam berkomunikasi, seseorang pasti memiliki kekuatan atau kelemahan pribadi yang menjadi tolok ukur setiap orang akan fasihnya berkomunikasi. Saya pun tidak luput dari komunikasi itu sendiri dan sebagaimana manusia pada umumnya yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kekuatan saya dalam berkomuniasi adalah mampu meyakinkan orang lain. Saya dengan mudahnya mampu membuat orang percaya akan apa yang saya katakan dan mampu membuat lawan bicara saya percaya bahwa apa yang saya katakan 100% real adanya. Kelebihan ini menguntungkan bagi saya karena dengan cepat saya bisa mengubah pandangan seseorang, pola pikir serta paradigma yang ia yakini dahulu menjadi apa yang saya inginkan. Ditunjang lagi dengan sifat saya yang ‘ramah welcome’ serta dengan cepat beradaptasi dalam suatu lingkungan. Secara tidak langsung kemampuan ini membuat saya dengan mudahnya mendapatkan relasi yang banyak atau dalam kata lain kemampuan ini biasa disebut kemampuan maintance relationship. 


Kelebihan saya dalam berkomunikasi yang mampu dengan mudahnya membuat seseorang percaya dari kata-kata saya ini adalah modal yang penting dalam pekerjaan saya kelak, terutama pada bidang negosiasi. Kemampuan negosiasi sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan untuk mengurangi digit angka pada bagian pengeluaran dana. Ditambah dengan sifat maintance relationship yang dengan mudah akrab dengan orang lain membuat saya yakin hal ini menjadi bekal kesuksesan saya kelak di masa mendatang.


Taka ada gading yang tak retak. Sesempurna apapun seseorang dalam suatu bidang pasti memliki kelemahan yang tersembunyi di dalamnya. Dalam bidang communication skill ini, kekurangan yang saya miliki adalah sifat yang ‘ceplas ceplos’. Saya merupakan orang yang tanpa segan serta sungkan langsung memberikan peringatan kepada seseorang terhadap apa yang saya tidak sukai di dalam dirinya. Sebenarnya hal ini bisa menjadi ‘boomerang’ bagi saya karena dengan sifat saya ini dengan mudahnya seseorang akan membenci dan menaruh rasa dendam kepada saya. Sifat ini juga yang akan mempuat sebuah perusahaan cepat lengser dari persaingan sengit antar perusahaan. Walaupun saya memiliki sifat maintance relationship yang kuat, namun ketahanan dalam relasi tersebut sangat bergantung pada sifat rekan saya. Dengan sikap yang saya sukai dari dia, saya akan lebih akrab dengannya sedangkan dengan relasi yang saya kurang sukai, saya cenderung agak menghindar darinya namun dalam batas yang wajar tanpa sepengetahuan orang yang saya tidak sukai tersebut. Saya menghindari orang yang seperti ini karena biasanya orang-orang inilah yang akan membuat mood saya turun, saya orang yang moody sehingga dengan mood yang bagus akan menghasilkan suatu hasil kinerja kerja yang bagus pula.


Untuk mengatasi kelemahan saya ini, saya mengakalinya dengan sikap pendiam yang saya terapkan dengan berusaha bersikap diam serta tenang dalam segala situasi. Sikap pendiam ini memang menguntungkan bagi saya karna orang lain sangat jarang mengetahui kekurangan saya tersebut. Sikap yang agak pendiam namun akrab dengan orang lain ini memang susah untuk saya jalani dalam kehidupan yang sebenarnya, namun inilah jalan terbaik menurut saya untuk memendam kekurangan saya tersebut.

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates